about us
selamat datang di blog saya :)

produced by Silka Rosa

RSS

Memahami Blog

Kali ini saya mau cerita tentang asal usul pembuatan blog Silky Rose. Well, sebenarnya 1 tahun yang lalu saya juga udah pernah punya blog. Awalnya ya cuma iseng-iseng belaka, sign up, upload foto, buat postingan 3 kali, aktif cuma beberapa kali, and guess what? THE END. Ya, kisah antara kami berakhir tanpa meninggalkan jejak indah , dengan jumlah visitor yang paling bisa dihitung dengan 1 tangan. 
Tragis memang, tapi wajar sih .. 


Sebenarnya apa sih penyebabnya?
Mari kita bahas...

1. Waktu
Pada saat kepemilikan blog pertama (dan untungnya bukan yang terakhir) saya sedang duduk di bangku SMA, dimana puncak-puncaknya kesibukan persiapan ke perguruan tinggi. Masuk pagi, pulang magrib, bimbel, tryout, memadu kasih dengan soal, bahkan sampai ke kasak-kusuk urusan perpisahan sekolah, belum lagi syuting, meeting *no comment please

Nyatanya, waktu itu pasti selalu cukup, selalu ada kalau kita bisa me~manage nya dengan baik.
Postingan bisa di cicil, kalau pun waktu gak cukup. Saat ada waktu, nulis dikit-dikit, lama-lama pasti banyak.
(sekalian mencurahkan perasaan jenuh karena aktivitas yang full)

2. Internet
Tentu bukan blog namanya kalau gak berhubungan dengan internet. Maka daripada itu, fasilitas internet yang mendukung juga diperlukan. Dalam hal ini memang saya miliki, tapi .. lebih banyak digunain ke social network, dsb. Alhasil, blog pun ga terjamah.

Nyatanya, kita masih bisa membuat postingan secara offline tanpa internet, bisa dari WLW (Windows Live Writer) dan hal itu sangat membantu kita, sebelum akhirnya mempublish ke blog.

3. Ide
Nah, ini nih yang paling berperan penting. Gimana bisa kita me~manage, mengurus blog kalau gak punya ide? 
Gak punya bakat nulis. Gak tau mau nulis apa.

Nyatanya, kita masih bisa terus update postingan, artikel, dengan cara mencari informasi-informasi terbaru.
Dan sebenarya hal-hal yang ada di pikiran kita bisa kita tuangkan secara spontan dan menjadi artikel yang bagus & nyata.

Oke, itu dia penyebab blog lama saya 'tamat' sekaligus pelajaran juga.
Sekarang saya mau bahas ke bagian manfaat dari blog.

Informasi
Ini dia hal yang paling dominan saya dapat dari blog, informasi. Seperti point ketiga dari bagian penyebab diatas, kita bisa mencari informasi dari berbagai sumber untuk bahan bacaan blog. Nah, sambil kita nyari-nyari informasi, sambil baca, sambil filter informasi yang akan dipakai, maka sambil terseraplah pengetahuan & informasi baru yang kita dapat. Tentu kita mendapat double profit, selain blog kita punya bacaan baru, kita juga dapat pengetahuan baru, dan bagi pelajar bisa membuat rangkuman pelajaran di blog.

Kreativitas
Dapat kita tinjau dari kegiatan me~manage postingan terpilih, layout, widget dan foto yang ingin dipakai untuk semakin menarik pembaca. Optimalisasi blog juga sangat penting.

Pengembangan Diri
Dari informasi yang didapat dan kreatifitas yang semakin diasah, pasti ada sisi positif yang kita dapat. Semakin percaya diri dalam menghasilkan dan mempublikasikan tulisan yang layak dibaca dan diminati, bahkan yang tadinya hanya sekedar 'diary' . Dari blog kita bisa menilai sendiri bagaimana tulisan kita sendiri, bagaimana pendapat orang, apa yang kurang, apa yang perlu diperbaiki, sehingga lambat laun akan semakin lebih baik.

Sosial
Dalam hal ini adalah hubungan kerja sama dan pertemanan yang baik antar blogger. Kita dapat saling bertukar informasi, dan sharing tentang blog, internet, bisnis kepada mereka yang sudah lama berkecimpung  di dunia internet, sebagai wahana informasi tercepat & luas saat ini.

Bisnis
Siapa yang tidak mau mendapatkan penghasilan tambahan dari sekedar mengolah dan 'memelihara' blog?
Zaman sekarang ada banyak peluang bisnis online yang mempergunakan blog. Istilahnya, kita masih bisa jalan kesana-kemari sambil liburan tapi tetap mendapatkan 'input' hanya dengan mengakses internet, yang bisa dilakukan dimana saja. Ada yang berbentuk iklan, blog network, jual merchandise, menulis untuk media massa, atau seperti yang sedang trend sekarang ini sistem PPC (Pay per Click)

Dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat dari blog. Ngomong-ngomong, saya juga dulu gak kepikiran punya visitor ratusan dalam waktu kurang dari 2 minggu sampai seperti sekarang. Walaupun memang belum ada apa-apanya dibanding sama traffic visitor para blogger senior. Hehe.. Tapi syukurlah, jadi penambah semangat. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment