about us
selamat datang di blog saya :)

produced by Silka Rosa

RSS

It's about Me & Music

Musik? 

apa yang ada dibenak anda tentang musik? Jawabannya pasti beragam.
  • musik itu semangat
  • musik itu ekspresi
  • musik itu harmoni
  • musik itu bahasa                                           
  • musik itu terapi
  • musik itu nada
  • musik itu seni
  • musik itu rasa
dan masih banyak lagi..

Kalau saya sendiri menilainya secara global sebagai 'sarana' . Pengobatan, penyaluran hobby, pendorong semangat, penenang hati & pikiran, bahkan sarana pengungkapan perasaan juga bisa.
Dan entah mengalir darimana tapi saya begitu tertarik dengan musik, padahal kedua orangtua saya tak demikian, ibu tertariknya dengan tenis meja, ayah tertariknya dengan memancing.. jadi yang menjadi pertanyaannya adalah, jenis korelasi apakah yang menggambarkan ketiga orang ini? dilarang pakai pensil, dikumpul sama ketua kelas ya..

Lanjut! 
Jadi ya gitu ceritanya..
hasrat untuk bisa main musik pun timbul. Dimulai dari gitar, belajar sekitar.... sebulan dua bulan abis itu stop (antara sok jago dan males), paling gak udah ada pegangan kunci dan tau cara melambai-lambaikan senar gitar. Tapi dari sok jago itu sekarang udah agak lumayan bisa bawa lagu, walaupun kadang suka setengah-setengah.

Next!
Piano. Awalnya, niat pengen belajar drum. Tapi berhubung rumah saya tak cukup luas dan saya pun tak tega membuat warga-warga sekitar penyakitan karena latihan saya, maka niat pun diurungkan. Jadilah saya belajar main piano, mulai dari teknik penjarian, kunci, masuk ke not balok, classic dan pop. Kira-kira setengah bulan belajar, stop lagi. Mulai belajar meraba kunci dan not untuk beberapa lagu yang lagi ngetrend, terus tertantang dan akhirnya lebih lancar lagi. Dan puji syukur, saya bisa melayani di gereja sebagai keyboardist.

Berikutnya!
Berawal dari aktivitas jalan-jalan dan mendapati toko musik. Karena udah gak lama main musik semenjak kuliah, maka saya dengan mantap mengunjungi toko itu. Cuci mata, lihat gitar, lihat keyboard, lihat harmonika, lihat biola, sampai membuat konser kecil-kecilan disana, untungnya pengurus toko baik & gak complain, tapi pasti hatinya bergejolak, pengen bilang "kapan ya bocah ini keluar?" atau "mungkin masa kecil kurang bahagia" atau "kalau dengan cara ini dia bisa sembuh, aku rela" bayangin aja, udah megangin semua-semua, eeeh.. gak ada beli apa-apa.
Besok-besoknya saat saya jalan-jalan lagi di tempat yang berbeda, jodoh lagi dengan toko musik, lihat-lihat (tapi gak main) dan mata tertuju pada harmonica, walaupun buta sama sekali tentang permainannya, saya boyong juga. Ya paling gak, ada yang bisa 'dibunyi-bunyiin'. Belajar dari aturan pakai, naluri, dan.. internet.. Thank's to internet!
disitulah awal saya tau cara main harmonica, dengan meniup nada ganjil dan menghirup nada genap (menghirup disini bukan pakai hidung ya!) dan ternyata gak sesederhana yang saya bayangin, ternyata berat di pernafasan dan perlu pengaturan yang tepat.
awalnya agak ngerasa gak steril juga sih............................ tapi! ya sebelum & selesai main wajib dibersihkan dulu.

Nah, sekarang saya mau sharing, tentang musisi dan permainan musiknya yang menjadi sorotan saya selama ini.



yang diatas ini adalah foto John Ondrasik, om saya yang sudah lama merantau ke Los Angeles dan menjadi musisi.

....................................................... ? ......................................................

baiklah, daripada kalian menginjak-nginjak dan meninggalkan blog saya, saya katakan yang sejujurnya. Pria berkharisma ini adalah musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pianis favorit saya. Bermula dari mendengar lagu 100 Years dari FiveforFighting di MTV, paket (piano+lagu+suara+penjiwaan) perfect ini langsung berhasil 'menghipnotis' saya untuk mencari tau dan mendapatkan lagu-lagu lain miliknya. Oh ya, Five for Fighting itu nama panggungnya John Ondrasik, diambil dari istilah permainan hoki kesukaannya, yang artinya pertarungan sengit mati-matian di kotak penalti selama 5 menit. Jadi Five for Fighting bukan band, karena yang megang kendali hanya om angkat saya ini, sama halnya seperti Secondhand Serenade yang dibawakan oleh John Vesely. (ngomong-ngomong, ada apa dengan nama John?)  Single lain yang juga sangat memikat berjudul Superman, awalnya saya juga tanda tanya sama judul model beginian. Tapi setelah dengerin, saya jadi malah penasaran lihat video live John Ondrasik nyanyi sambil main piano & i get it! bisa lihat disini. Dan masih banyak lagi single darinya yang udah saya kumpulin.
.......hmm.. kapan ya datang ke indo... 


nah, kalau yang ini pasti udah gak asing lagi kan?
instrumen musik yang paling saya suka datang dari permainan romantic saxophone Kenny G
The Wedding Song, musik yang paling thumbs up buat rileks, yang sering main ke gramedia pasti sering dengerin musiknya.
dulu sempat pengen belajar main saxophone karena dengerin musik Kenny G ini.
tapi kayaknya kalah di pernafasan, jadinya gak jadi deh..
mungkin itu sebabnya kenapa jarang sekali ada pemain sax wanita.. itu juga saya taunya yang pemain luar, seperti 

       
                                         Tineke Postma                                      Candy Dulfer
  
tapi kalau soal penyanyi yang melekat dari dulu ya mbak saya,
cuek dan tampil apa adanya, lagu yang ringan tapi 'ngena'

mbak? iya, kami ada hubangan saudara, cucu anak keponakannya pak de kakak ipar sepupunya eyang kakung saya. Jadi kalau mau minta tanda tangan bisa kok saya wakili *jangan muntah disini!

oke, sepertinya cukup itu aja. Lain kali kalau ada tambahan, saya posting di artikel selanjutnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment